Kamis, 13 September 2012

Orang Tua Baru, hehehe

Mungkin bagi saya dan suami mengurus anak itu hal yang sangat baru dalam hidup kami. Tapi kalau mengurus anak kecil bukan hal yang baru, karena kami sama - sama anak sulung, pastinya kami berpengalaman membantu orang tua (ortu) menjaga adik - adik, walaupun tidak sepenuhnya kerjaan kami. seiring berjalannya waktu dan usia membuat kami banyak belajar banyak hal, dan salah satunya bagaimana mengurus anak. Dari berbagai informasi dari ortu dan akses internet yang mudah dan berjuta informasi seputar anak bisa kita dapat disana, tapi harus di filter juga informasi tsb. 

Bisa dibilang mungkin kami ortu yang kontroversi, hehehe... kenapa bisa begitu??
Alih -alih pengen hidup mandiri. Begitu selesai bersalin ortu kami terkesan berebut agar aku dan anakku dirawat dulu di rumah mereka, maklum karena sama - sama cucu pertama, dan melihat kondisiku waktu itu lemah, tapi "daripada - daripada" lebih baik kami saja yang urus sendiri. Memang jauh - jauh hari sebelum bersalin aku dan suami sudah sepakat untuk mengurus anak kami sendiri yang jauh dari ortu kami. Hal itu merupakan awal pro dan kontra, karena versi ortu kami, kalau mereka jaman dulu waktu kami lahir ortunya sudah ga ada jadi ga dibantuin hanya bapak yang diharapkan, tapi kan sekarang mereka masih sehat dan sangat mampu membatu untuk merawat bayi. Terus juga karena baru melahirkan dan punya anak pasti nanti susah ngurusnya, karena suami juga kerjanya 12 jam lebih, sehingga aku sendiri yang mengurus bayi kalau suami kerja itu juga yang menjadi pertimbangan ortu kami. Karena suamiku bersikeras untuk mandiri ortu kami pun menyerah dan membiarkan kami mengurus sendiri dan jauh dari mereka. Maklum sekarang ini banyak ortu - ortu baru yang "manja" yang sebenarnya mereka mampu, tapi dengan senang hati menerima uluran tangan kakek neneknya untuk membawa cucunya, sampai - sampai banyak sebutan "anak nenek", karena anak lebih dekat dengan neneknya dibandingkan ortunya sendiri, tidak sedikit anak jadi manja dan nakal setelah di asuh oleh kakek neneknya, karena ada istilah "manisnya anak, tapi lebih manis lagi cucu", hehehe... Alhamdulillah sampai saat ini aku dan suami selalu mendapat hal dan ilmu baru mengurus anak, jadi bangga rasanya membesarkan si kecil rtanpa campur tangan orang lain. Itu juga yang membuatku bangga menjadi IRT daripada wanita karir, coz amal wanita lebih banyak diperoleh dalam rumah tangganya :)

Dan karena bayi kami perempuan kami juga sepakat untuk tidak menindik kupingnya (lucu kan), kata ortu kami lagi, "cewek ko ga diantingin, nanti besar pasti pengen pake anting juga dia". Bukan apa - apa sih, kami hanya tidak ingin menyakitinya dan nanti bisa berakibat negatif untuknya, coz insyaAllah besar nanti dia harus berhijab.

Juga tidak imunisasi, itu ortuku yang sangat menyayangkan, karena mereka berfikir bahwa kami sama - sama dari orang terpelajar, "tapi anak ko ga di imunisasi". Yah banyak juga yang nakut - nakutin bisa tertular penyakit ini itu apabila tidak divaksin. Bukannya kami sombong atau takabur, tapi semua kami serahkan pada Allah SWT dan tetap berusaha menjaga makan dan kesehatannya. Pastinya Allah menciptakan setiap makhluk ciptaan-Nya dengan sempurna, walaupun ada penyakit bawaan lahir dsb, pastinya juga ada kesalahan ortunya yang berakibat Allah SWT memberikannya ujian lewat sakit anaknya. Allahualam. Juga banyak mitos ini itu seputar merawat anak, seperti menjampi - jampi anak agar tidak rewel, minum air tawar ini itu, anak dikasih benda- benda tertentu agar tidak diganggu jin dan dsb. Makanya kami putuskan agar berusaha merawat anak sendiri, karena kami ingin menghindarkan anak kami dari pengaruh - pengaruh itu, kami mau anak kami hanya mengenal sunnah Rasul tidak melenceng kesana kemari dan sepenuhnya hanya kepada Allah SWT meminta perlindungan.

Sudah gitu waktu bayi kami umur 19 hari, kami pulang kampung mengendarai motor kurang lebih 1 jam sampainya dan pp tidak menginap. Mereka hebohnya bukan main, hahaha....katanya "berdua ini ya, anaknya kaya di anggap boneka buat main - mainan, masih umur segini sudah dibawa jalan jauh - jauh pakai motor pula"...

Yah sudah berjalan hampir 2 bulan akhirnya mereka sudah membiarkan kami mengurus anak sendiri, kadang seminggu sekali mereka datangin cucu, maklum kangeeeeeennnn, hehehehe...

Nur Azkiya, 19 Juli 2012

Cepat besar ya Baby ku Sayang, semoga sehat terus ga sakit - sakit, jadi anak soleha yang cerdas, bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat.. Aamiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar